Tuesday, December 17, 2013

Kacer Mbedesi / Mbagong / Mbalon

Kacer Mbedesi / Mbagong / Mbalon 


Sering kita mendengar dan melihat Istilah BHALON/ MBEDESI/ MBAGONG pada Kacer,tapi tak jarang kita hanya melihat sekilas dan mungkin tidak memperhatikan perbeda'an gaya bhalon pada kacer kita,Saya akan mencoba menulis yang mungkin berguna untuk sahabat KICAU MANIA. Satu tahun ini saya mencoba memperhatikan beberapa kacer saya dan teman saya yang mempunyai kacer,yang sesekali bhalon ketika di LATBER,saya berkesimpulan Gaya kacer waktu bhalon menyesuikan dengan kondisi dan karakter masing masing KACER tersebut.

1) Gaya bhalon turun berjalan di dasar sangkar= penyebab mayoritas
kurang fit: nafsu ada tenaga kurang.caba melath daya tahan tubuh dengan pengumbaran seminggu 4x dan dengan minimal 100x terbang PP,tambah penjemuran,untuk Ef tetap

2)Gaya bhalon turun ke dasar sangkar dan diam=Kalah mental,kurang fit,usia muda blm mapan mental:Jangan dulu di trek dan di temukan dengan kacer yang lebih mapan mental mau pun usia,tunggu sampai ngurak,dan untuk menimbulkan mental dekatkan dengan burung master Kecil, kenari,ciblek,srindit,glatik dll.

3)Gaya bhalon naik turun di tangkringan dan tidak ke dasar sangkar=emosi dan burahi tdk setabil dan kurang fit:Biasanya tipe seperti ini sebelum di gantang minta di panasi dulu dengan menggantungkan sangkar agak jauh dr arena lomba dengan membuka krodongnya biarkan dia berkicau sampai emosi seakan berkuasa melihat dan mendengar kacer dari jauh.tapi ada jg yang tidak perlu buka krodong hanya mendengarkan suara kacer dan membiarkan bhalon sendiri di dalam sangkar.

4)Gaya bhalon menabrak sangkar=over birahi: untuk poin ini susah susah gampang karna harus menysetting Ef mandi jemur pengembunan dan umbaran bahkan bayak yg melakukan rawatan mandi malam.

Ada salah satu pakar mecoba  mengatasi Kacer mbalon/ Mbagong  dengan cara : di umbar  di kandang umbaran  & di beri tanaman, kolam serta dipinggir kolam ada tanah lempung basah & ada cacingnya (intinya menjadikan Liar kembali Burung Kacer seperti Alami ).

Ada Pula kicau mania yg sengaja memasukan burung kecil greja/ emprit kedalam sangkar Kacer, guna menimbulkan sifat membunuhnya agar sifat fighternya tumbuh kembali.

Apa yang saya tulis di atas sesuai dengan apa yang saya praktekan dan 80% berhasil asal kita tau penyebabnya.


SEMOGA BERMAMFAAT
SALAM

No comments: