Thursday, October 3, 2013

Budidaya Kroto/ Ternak Kroto Ala Mr. Bro

Bisnis Ternak Kroto
Bisnis ternak kroto ternyata banyak juga sekarang yang menyukai. Terbukti setelah flodesta membuat artikel tentang ternak semut rangrang penghasil kroto yang mas bro buat beberapa bulan yang lalu. Respon atau antusias sahabat semua sangat tinggi. Berbekal ilmu dan pengetahuan dari mas bro mereka dapat menjalankan ternak krotonya di rumah sendiri. Walaupun terkadang masih banyak yang mengalami kesulitan. Tentunya akan berbeda sekali jika belajar dan bertemu langsung dengan pemilik peternak kroto yang mengadakan pelatihan secara berbayar.
Bisnis ternak kroto sekarang tidak hanya di tekuni oleh beberapa orang yang memang benar benar ingin mendapatkan penghasilan dari ternak kroto. Bahkan dari kalangan orang berduit juga telah menekuni bisnis ini. Sampingan kali ye...Sekarang para peternak kroto sudah banyak tersebar di kota kota di seluruh indonesia, khusunya pulau jawa. Tentunya sobat bisa dengan mudah untuk menimba ilmu atau ingin belajar mengikuti pelatihan di dekat kota anda. Tidak akan rugi untuk sobat semua memanfaatkan moment ini, karena ilmu tidak akan hilang dan terus di kembangkan menjadi lebih baik.
Dengan modal alat apa adanya artinya memanfaatkan bahan bahan bekas yang ada di rumah. Tentu akan meminimalisir pengeluaran yang ada. Mulai dari kayu, toples bekas ataupun botol botol plastik yang sudah tidak di gunakan lagi. Tetapi jika anda harus menggunakan alat yang pakai beli. Misalnya untuk membeli bibit, tentunya akan mengeluarkan uang ekstra untuk memulai bisnis ternak kroto. Karena pembelian bibit juga tidak murah ( relatif ) tergantung besar kecilnya sarang toplesnya dan jumlah ratu yang ada. Pembelian bibit di karenakan kita tidak ingin di repotkan dengan proses yang akan kita lewati (cari praktisnya wae). Bisa juga karena sarang semut rangrang sulit di dapatkan di sekitar rumah/daerah kita.
Untuk harga kroto di pasaran per kg menjelang lebaran saat ini sempat mencapai Rp.200 Ribu. hemm....
Sing nggolek kroto do balik kampung (mudik) gan.
Ketekunan dan kesabaran yang bisa mengantar anda ke gerbang kesuksesan. Karena bisnis ternak kroto tidak mudah kita jalani kalau anda maunya hanya instan saja. Ikuti proses yang ada, pasti akan membuahkan hasil. Seperti flodesta sekarang masih fokus untuk pembibitan ratu semut rangrang sendiri. Waktu yang di butuhkan tentunya juga tidak sebentar, butuh berbulan bulan untuk menghasilkannya. 
_________________________________________________________________________
Cara Pembuatan Sarang Kroto Menggunakan Toples
Sangat mudah sekali cara pembuatan sarang kroto menggunakan toples. Kalau teman ingin mencoba beternak atau membudidayakan semut rangrang. Cukup dengan menyediakan sebuah toples dan nampan. Sedangkan fungsi dari nampan adalah sebagai tempat untuk meletakkan toples. Tentunya nampan dii si dengan air. Supaya semut rangrangnya tidak lari kemana mana.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Selengkapnya sediakan alat sebagai berikut:
1. Toples
Untuk toples bebas ukuran, kalau bisa yang transparan. Lalu toples di lubangi seperti gambar di bawah ini untuk saluran keluar masuk semut rangrang dan sebagai tempat udara sarang kroto.
2. Nampan

3. Solasi / plester coklat atau hitam, juga bisa menggunakan kertas.
 

  



Fungsinya untuk menutupi toples agar semut rangrang cepat bersarang dan membuat jaring jaring. Setelah semut rangrang mau bersarang, bisa lepas solasinya atau bisa juga membiarkannya.
4. Batu bata atau yang lainya yang di taruh di atas nampan yang sudah berisi air sehingga toples tidak terendam air. 


Gampang sekali tentang cara pembuatan sarang kroto menggunakan toples. Untuk teman semua mungkin sudah mencoba, bisa share disini. Mungkin saya ada kekurangan.

Untuk lebih Lengkapnya  :  http://wirausahainfo.blogspot.com ====>  Klik
hanya Meyebar luaskan 


No comments: